JUMAT BERKAH MASJID JAMI’ AL IJAABAH KAUMAN GUNUNGPATI

Setelah beberapa kali jumat tidak ada penyelenggaraan sholat di Masjid Al Ijabah Gunungpati karena pandemi covid-19, maka setelah mendapat izin penyelengaaraan dari pemerintah walaupun dengan protokol kesehatan ketat demi memberi kenyamanan jama’ah, masjid Jami Al Ijabah memulai lagi penyelenggaraan ibadah sholat jumat.Pelaksanaan diiringi dengan jumat berkah yang berasal dari jamaah oleh jamaah dan untuk jamaa sendiri.

Peringati Tahun Baru Islam di Masjid Al Ijabah Gunungpati Semarang

Pengajian hari Selasa, 10 September 2019 Ba’da Isya di Masjid Al Ijabah Gunungpati Semarang – Seorang muslim memiliki keharusan untuk menimba ilmu agama sehingga bisa dijadikan sebagai pedoman hidup yang dapat menenutun dalam kehidupan yang benar. Ilmu yang bermanfaat sangat berguna sehingga kita tidak salah dalam menentukan pilihan hidup. Pada tahun baru islam, masyarakat Gunungpati memperingatinya dengan mengadakan pengajian bersama sehingga diharapkan bisa memberikan dampak positif yang berguna bagi kehidupan.

Kesempatan tahun baru ini diisi dengan acara pengajian yang dapat memberikan bekal ilmu agama sehingga bisa menjalani tahun baru islam ini lebih baik lagi untuk kedepannya. Masyarakat gunungpati sangat diharapkan untuk bisa hadir dalam pengajian ini, sehingga bisa memberikan bekal yang bermanfaat untuk menjalani kehidupan dengan ilmu agama islam.

Karnaval Warga Gunungpati 25 Agustus 2019

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang dirayakan setiap tahun selalu diisi oleh masyarakat dengan kegiatan positif dan kreatif. Sebagaimana masyarakat gunungpati memeriahkan HUT Ke-74 RI dengan mengadakan karnaval yang menghibur masyarakat sekitar serta memotivasi untuk terus berkarya. Para peserta karnaval tidak hanya dihadiri olah kalangan orang tua saja, tetapi para pemuda dan remaja juga ikut berpartisipasi dalam memeriahkannya. Semua RW gunungpati ikut memeriahkan acara ini sehingga karnaval dapat mempererat hubungan bermasyarakat yang baik.

Pembukaan karnaval oleh ketua panitia dan bapak lurah Gunungpati Semarang. Diawali dengan menyanikan lagu Indonesia Raya dan di mulai dengan Doa pembuka agar acara dapat berlangsung dengan lancar dan meriah.

Tema pedagang sayuran yang dibawakan oleh ibu ibu RT01 RW02 menunjukan potensialnya wilayah gunungpati sebagai sumber pangan tanaman hijau sayur yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Indonesia yang kaya dengan keanekaragaman budaya sehingga perlunya generasi muda untuk terus menjaga dan melestarikannya. RT02 RW02 membawakan tema Reog dan Jaraneblek yang merupakan budaya khas asli jawa diiringi dengan musik tradisional.

Tidak kalah RT03 juga mempertunjukan mobil kapal serta robot gundam yang menunjukan sekalipun masyarakat Indonesia masih mempertahankan nilai budaya tetapi juga tetap mengikuti perkembangan zaman. Hal ini ditunjukan untuk memingkatkan semangat generasi muda supaya terus berinovasi serta berkreasi dengan berpartisipasi menyumbangkan karyanya pada era modern saat ini.

Senam yang merupakan olahraga yang banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia dibawakan oleh ibu ibu RW02 serta RT04. Dengan menyuarakan kesehatan bahwa pentingnya untuk selalu berolahraga sehingga selain menjadi generasi yang cerdas juga diimbangi dengan kondisi kesehatan yang baik.

Salah satu bentuk kratifitas yang dihasilkan oleh warga RT 05 RW 02 kelurahan Gunungpati memeriahkannya dengan pertunjukan Drumblak yang mana musik dimainkan dengan menggunakan kaleng bahan bekas. Dari hal tersebut terdapat sebuah pesan yang mana barang bekas masih tetap memiliki nilai guna jika dimanfaatkan dengan baik dan benar. Sehingga karnaval ini selain menghibur juga memberikan pesan positif bagi masyarakat gunungpati untuk selalu berkarya dengan kreatifitas yang bisa dimulai dari hal yang sederhana.

 

Pak RW02 yang ikut membantu mengatur lalulintas sehingga acara karnaval dapat berjalan dengan lancar

Remaja yang bergerak aktif membantu berjalannya kegiatan karnaval sehingga acara berlangsung dengan sempurna.

Warga yang jauh jauh hari telah mempersiapkan atribut yang akan digunakan saat karnaval nantinya.

Tirakatan Memperingati HUT ke-74 RI di RW02 Gunungpati

Kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan tentunya wajib untuk diperingati dan dikenang oleh seluruh warga Indonesia. Adat masyarakat di Indonesia biasanya memperingati malam hari menjelang kemerdekaan dengan melakukan syukuran serta menyanyikan lagu Indonesia Raya guna meningkatkan rasa Nasionalitas untuk membangunkan rasa semangat membangun Negara ini menjadi lebih baik.

Selain itu acara ini biasanya juga di isi dengan hiburan seperti perlombaan dan juga makan bersama. Kegiatan ini diharapkan bisa mempererat hubungan bermasyarakat antar warga kampung.

Pelatihan Drumband untuk Memperingati 17 Agustus

Menjelang hari kemerdekaan Republik Indonesia, warga kampung mekarsari berlatih memainkan drumband untuk memperingati hari 17 Agustus mendatang. Uniknya, berbeda dari drumband yang biasanya, warga desa mekarsari rt05 ini menggunakan instrumen dari media toples bekas untuk menghasilkan alunan musik 17 agustus yang indah.

Para peserta pemain musik didominasi oleh kaum ibu ibu yang akan ikut berpartisipasi meramaikan acara 17 Agustus di gununpati. Rencananya pada hari H tersebut, warga gununpati akan mengadakan pawai keliling kampung dengan berbagai keratifitas yang sudah disiapkan mulai dari sekarang ini. Semangat dalam memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang terpancarkan harusnya membuat kita para generasi muda juga semangat dalam membangun bangsa Indonesia menjadi negara yang lebih baik, adil dan makmur.